Selasa, 10 September 2013

Liputan AFAID 2013 (6-8 September 2013)

Salah satu event terbesar yang baru-baru ini diadakan yaitu Anime Festival Asia Indonesia atau disingkat AFAID 2013 kembali diadakan ditahun INI. AFAID 2013 sudah diadakan tahun lalu dan berhasil mendatangkan 40.000 pengunjung!! pada tahun lalu. Tidak seperti tahun lalu yang hanya diadakan selama 2 hari, kali ini AFAID diadakan selama 3 hari dari tanggal 6 sampai 8 September. Namun, sebelum hari H event, tanggal 5 September diadakan press conference tentang AFAID.


Kemeriahan tahun INI tidak berkurang sedikitpun. Seperti tahun lalu, event kali ini pengunjung juga membludak, dan JCC dipenuhi banyak pengunjung selama 3 hari terutama pada hari pertama dan hari kedua dimana hari tersebut diadakannya konser yang dinantikan oleh para penyuka culture Jepang yaitu konser ANISONG. Konser Anisong diadakan dua hari, hari pertama diisi oleh Eir Aoi, Aya Hirano dan May'n. Hari kedua diisi oleh fripSide, Kalafina dan Baby Metal.

Hari pertama saja pengunjung sudah sangat ramai dan antrian sangat panjang sudah terjadi pagi-pagi kira-kira sekitar jam 7. Setelah masuk ke dalam, banyak sekali stand-stand bazaar yang bisa kita temui disini. Seperti Bushiroad, Multishop, Sword Art Online Shop, Shingeki no Kyojin Shop, Culture Japan, AFA Shop, AFA Mall, Animax, dan masih banyak lagi. Di samping stand SnK kita bisa berfoto layaknya sebagai Titan. 

Yang ditunggu oleh para pengunjung di hari pertama adalah bukan dari bazaar ataupun acara stage tetapi konser Anisong yang dimeriahkan oleh tiga penyanyi single yang cukup populer. Pada sore hari jam 7:30, semua pengunjung masuk ke panggung konser dan siap berteriak-teriak, meloncat-loncat bersama dengan penyanyi kesukaannya. Konser pertama dibuka oleh Eir Aoi dengan lagu berjudul Aurora. Dan tak lupa lagu-lagu lain yaitu Innocence (OP2 - SAO), dan Memoria (ED1 - Fate/Zero). Konser kedua yaitu Aya Hirano yang terkenal dengan lagu God Knows (OST Suzumiya Haruhi). Terakhir yaitu oleh May'n dibuka dengan lagu Chase the World (OP1 - Accel World).

Hari pertama saja sudah ramai, namun hari kedua ternyata menjadi pengunjung terbanyak dibanding hari pertama dan ketiga. Banyak pengunjung yang menantikan konser Anisong hari kedua, INI terlihat dari panjangnya antrian masuk VIP konser pada pagi hari. Pada hari INI juga adalah hari pertama acara di stage. Tak hanya itu, acara hari INI lebih banyak dibanding kemarin dan tambahan seperti pengunjung dapat foto bareng dengan salah satu special guest cosplayer favorit mereka di basement hanya dengan menunjukan struk pembelian barang dari AFA Shop. Kemudian dilanjutkan meet & greet (diadakan juga hari ketiga) dengan special guest yaitu dimana pengunjung dapat meminta tanda tangan kepada salah satu special guest yaitu ada Angie, Clive, Kaname, Ying Tze, Pinky Lu Xun Reika, Raistlin dan Richfield.  

Pada sore hari, konser yang dinantikan tiba. Secara sekejap tempat panggung konser dipenuhi banyak sekali pengunjung dibandingkan kemarin. Konser pertama dibuka oleh fripSide yang terkenal membawakan lagu dari anime To Aru Kagaku no Railgun dan Hayate no Gotoku. Pembukaan fripSide menyanyikan lagu Level 5 ~Judgelight~ (OP2 - Railgun). Pembukaan disambut sangat meriah oleh pengunjung. Dilanjutkan konser kedua oleh Baby Metal dan secara mengejutkan, grup idol Denpagumi ikut memeriahkan tampil setelah penampilan Baby Metal. Penutup ditutup oleh Kalafina.

(Denpagumi)

Hari terakhir AFAID pengunjung sedikit berkurang tetapi tetap ramai. Pada hari terakhir INI, event berfokus kepada acara di stage karena dimeriahkan oleh dua host yaitu Stella Lee dan Danny Choo, penampilan dari demo Bima Satria Garuda, film Madoka Magica dan Detective Conan Movie, Marble Wonderland, para special guest dan yang paling ditunggu adalah T.M Revolution.

Saat penyanyi dari T.M Revolution yaitu Takanori Nishikawa tampil, disambut sangat meriah oleh para pengunjung yang ada di stage. T.M Revolution ini membawakan lagu dari serial Anime Gundam, Rurouni Kenshin dan seri robot baru Valvrae the Liberator. Tak hanya membawakan ternyata penyanyi T.M Revolution INI juga sangat menyukai Anime Gundam. Ia mengatakan ia sudah menonton semua series Gundam. Selain membawakan lagu ia juga pernah menyuarakan salah satu karakter di seri Gundam. Nishikawa mengatakan ia sebenarnya sangat ingin sekali bisa konser di Indonesia dan berharap tahun depan ia dapat hadir. Setelah itu, walaupun jadwal Nishikawa yang padat, Nishikawa sangat baik sekali dan secara mengejutkan ia akan memberikan autograph kepada 100 pengunjung setelah penampilannya itu.

Setelah itu diputar film Detective Conan movie yang di akhir film terdapat trailer movie baru Lupin III vs Detective Conan. Selanjutnya yaitu penampilan dari Host yang bisa dikatakan sebagai nabi nuh atau panutan para otaku, yaitu Danny Choo pendiri dan pembuat Mirai dan Culture Japan. Pada pembicaraannya kali INI ia memberitahukan sedang fokus kepada produk barunya yaitu Smart Doll Mirai dimana akan dibuat setinggi 60 cm. Robot INI akan menjadi robot pertama di dunia yang bisa di gerakan menggunakan Android!! Kelebihan boneka INI adalah ia nanti dapat mengajarkan kita bahasa Jepang, membangunkan kita dipagi hari, menyapa kita dan masih banyak fitur lainnya.

(Stella Lee dan Danny Choo)

Acara terakhir yaitu seperti tahun lalu, lomba ARCC (AFA Regional Cosplayer Championship) yang diikuti oleh 20 tim cosplayer dan dinilai oleh keenam juri special guest. 20 tim cosplayer tampil dengan heboh dan saling bersaing, tidak mau kalah dengan lainnya. Setelah penampilan terakhir, para juri kebelakang panggung untuk meghitung hasil penjurian untuk menentukan pemenang pertama, kedua dan ketiga dan pemenang pertama akan dikirim ke Singapura untuk bertanding kembali. Selagi menunggu, diisi oleh penampilan spesial yaitu cabaret cosplay Shingeki no Kyojin (Attack on Titan). Dan setelah itu terpilihlah tiga tim pemenang. 

source: iniotaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar