Selasa, 03 September 2013

Hyaku Monogatari

Apa ada yang tau dengan permainan ini?
Nah sekarang bakal bahas tentang permainan yang dimainin sama anak-anak Jepang.
Katanya ini permainan kuno, permainan ini disebut Hyaku Monogatari, tujuan permainan ini adalah membuktikan adanya roh halus atau tidak ada.

Cara mainnya gini:
Siapkan lilin 100 buah (ga tepat 100 juga gapapa), 3 buah ruangan yang membentuk huruf  L, lalu duduk melingkar di tengah ruang pertama yang gelap gulita, mereka letakkan lilin-lilin melingkar di tengah.

Secara bergiliran, mereka menceritakan kejadian-kejadian menyeramkan, mengenai pengalaman mereka terhadap rohroh halus dll.

Jika pencerita sudah selesai bercerita maka lilin yang ia pegang itu harus dimatikan. Setelah itu, pencerita harus berjalan sendirian menuju ruangan ke-3. Di ruang ke-3 ada cermin yang diletakkan di atas meja dan sebuah andon (lentera yang dibuat menggunakan kertas bewarna biru dan kayu).

Pencerita yang sudah selesai bercerita itu harus bercermin sambil memegang andon tersebut, setelah itu ia kembali ke ruang pertama. Peserta lain tidak perlu menunggu pencerita selesai bercermin, mereka boleh langsung melanjutkan ceritanya. Begitulah seterusnya hingga lilin terakhir dimatikan.

Setelah permainan berakhir biasanya akan muncul roh-roh halus disekitar mereka. Ada juga aturan di permainan tersebut, yaitu semua pemain harus menggunakan baju berwarna biru. Mereka juga tidak boleh membawa senjata tajam, meskipun pada jaman dahulu sering ada yang membawa senjata tajam untuk melindungi diri dari roh halus.

Selain itu, pernah ada sebuah pengalaman seorang pemain yang menceritakan sebuah kejadian yang palsu, dia berbohong pernah melihat sesosok roh. pencerita terakhir mematikan lilin, roh yang diceritakan muncul. Setelah permainan benar-benar selesai, pemain itu baru mengakui bahwa ia telah berbohong.

Maka salah satu larangan dari permainan Hyaku Monogatari ini adalah; jangan berbohong.

Pada Hyaku Monogatari ini ada sesosok roh yang dipercayai selalu muncul di akhir cerita yaitu Aoandon (wanita yang menggunakan baju bewarna biru). Aoandon punya rambut panjang menjuntai, ada yang bilang Aoandon akan muncul membawa andon (lentera).

Yahhh... segitu dulu. Ada yang mau maininnya?

source: twitter japanlayout

Tidak ada komentar:

Posting Komentar